27 Sep 2011

Nasional Jawa Timur Kalla Akan Bangun Monorel 30 Km di Bandung

Rencananya, jalur monorel ini akan beroperasi melewati rute dalam kota.

VIVAnews - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla berniat membangun kereta monorel di kota Bandung, Jawa Barat. Alasan Kalla, Kota Bandung yang merupakan kota wisata itu semakin berkembang pesat.

Rencana itu disampaikan Jusuf Kalla dalam pembicaraan tertutup engan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Jumat 5 Agustus 2011.

Mengapa Kalla berniat berinvestasi di Bandung? Karena Bandung dinilai sebagai kota wisata yang berkembang sangat pesat. Ini ditandai dengan  kemacetan jalan yang semakin tinggi.

"Bandung kan makin maju, daerah turis. Sekarang kemacetan di Bandung sama dengan Jakarta. Jadi nggak ada cara lain," kata Kalla yang juga pengusaha asal Sulawesi Selatan ini.

Rencananya, jalur monorel sepanjang 30 km ini akan beroperasi melewati rute dalam kota luar kota Bandung. Dalam pembangunannya, Kalla akan menggunakan teknis yang sama seperti di Makassar.

"Teknisnya sama dengan yang di Makassar, memakai kemampuan engineering lokal," kata Kalla yang juga Ketua Umum Palang Merah Indonesia pusat ini.

Sementara, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menjelaskan, Kalla berniat berinvestasi monorel di kawasan Bandung Raya. Nantinya, rute yang akan beroperasi melintasi kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi.

Karena proyek ini rencananya akan banyak menggunakan teknisi lokal, maka tarif yang  diberlakukan akan lebih murah dibandingkan jika menggunakan teknisi asing.

"Kami masih membahas di permasalahan tarif. Namun karena menggunakan tenaga lokal maka tarifnya bisa setengah, bahkan sepertiga jika menggunakan engineering asing," kata Gubernur yang juga politisi PKS ini. (Laporan: Dani Wahyu Ramdani, | Bandung, umi)
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar