27 Sep 2011

Bandung Siapkan Sepeda untuk Keliling Kota

Sekitar 40 halte sepeda akan dibangun di beberapa universitas, Factory Outlet, di Bandung.

VIVAnews - Didaulatnya Babakan Siliwangi sebagai Hutan Kota Dunia, Dinas Perhubungan Kota Bandung telah menyiapkan fasilitas sepeda untuk berjalan-jalan mengelilingi Kota Bandung lengkap dengan haltenya. Babakan Siliwangi menjadi tempat pertama yang dibangun halte sepeda yang disediakan untuk masyarakat baik para wisatwan maupun warga Kota Bandung.

"Di Baksil ini adalah halte pertama di Bandung yang dinamakan "Sepeda Shuttle". Untuk halte lainnya kita masih memilih titik-titik yang bagus di Kota Bandung," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Priyo Soebiandono, usai deklarasi Babakan Siliwangi menjadi Hutan Kota, Selasa 27 September 2011

Priyo mengatakan, bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi dan meminta bantuan kepada Kementerian Perhubungan untuk pembangunan Sepeda Shuttle tersebut. Selain itu menurutnya, Sepeda Shuttle tersebut akan mulai beroperasi sekitar dua bulan lagi.

Ia menjelaskan, pihaknya akan membangun sekitar 40 halte sepeda di beberapa universitas, Factory Outlet, tempat kuliner, yang ada di Kota Bandung dan akan menambah jalur sepeda. "Saat ini kan ada jalur sepeda yang jaraknya 8 Km. Nanti kita akan merencanakan untuk menambah 8 Km lagi jadi 16 Km," ujarnya.

Selain itu Priyo juga mengatakan bahwa saat ini sepeda yang sudah tersedia ada 250 buah. Setelah dibangun halte-halte di titik lain di Kota Bandung, pihaknya akan menambah menjadi 500 buah sepeda. "Saat ini sudah ada 250 sepeda, nanti ke depan akan ditambah lagi menjadi 500 sepeda," katanya.

Nantinya para turis dan masyarakat Kota Bandung, bisa menyewa sepeda tersebut dengan harga Rp2.000 per jam. Dan untuk pengembaliannya tidak perlu dikembalikan ke halte sepeda awal tempat kita pertama kali menyewa melainkan cukup di kembalikan di halte sepeda terdekat. "Nanti ada yang jaga waktu kita nyewa sepeda itu, ya untuk antisipasi saja kalau-kalau hilang," jelasnya

Menurut Priyo, diadakannya penyewaan sepeda bertujuan untuk mengurangi kemacetan dan polusi yang kini juga menjadi masalah di Kota Bandung. Oleh karena itu, masyarakat bisa menyimpan kendaraan bermotornya, dan menyewa sepeda yang sudah disediakan.

"Bandung itu posisinya kan ada di cekungan, jadi polusi yang ada di Kota Bandung susah keluar dari cekungan itu. Selain itu Bandung juga sangat cocok untuk bersepeda, karena cuacanya yang sejuk," tuturnya.

Setelah beroperasinya penyewaan sepeda tersebut, Priyo mengatakan, akan dibangun juga satu kios di setiap halte. Kios tersebut berguna sebagai pengelola yang bertanggung jawab atas sepeda-sepeda yang disewakan itu. (Laporan: Dani Wahyu Ramdani | Bandung, umi)
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar