13 Okt 2011

Kadin Dorong Bangun Pembangkit Nuklir

Kadin meminta pemerintah melakukan banyak terobosan guna meningkatkan daya saing industri.

Pembangkit nuklir (www.commuteroutrage.com)

VIVAnews - Kamar Dagang dan Industri Indonesia meminta pemerintah melakukan banyak terobosan guna meningkatkan daya saing industri Indonesia. Tak tanggung-tanggung dalam hasil sidang komisi, Kadin akan mendorong pemerintah untuk membangun pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) yang selama ini menjadi kontroversi.

Rencana pembangunan PLTN ini disetujui oleh sidang Komisi C yang dipimpin oleh Johan Murod, Ketua Kadin Daerah dari Bangka Belitung.

"Kami mendorong pembangunan PLTN untuk menambah daya saing (competitiveness) Indonesia. Ini telah disetujui," kata Johan.

Selain itu, kata Johan, Kadin meminta pemerintah agar lebih mendorong sektor riil agar lebih maju lagi, caranya yakni dengan menurunkan suku bunga.

Selama ini pengusaha dan pemerintah sadar bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia masih ditopang oleh sektor konsumsi dan sektor keuangan. "Sektor riil belum tumbuh signifikan sebagaimana dengan yang diharapkan. Untuk itu pemerintah perlu kerja keras," katanya.

Padahal pemerintah berharap lapangan kerja di Indonesia bisa terus bertambah untuk mengurangi jumlah pengangguran. "Untuk itu agar tumbuh signifikan, kami minta penurunan suku bunga," katanya.

Kadin mendorong upaya pemerintah, agar industri manufaktur dan agroindustri dijadikan salah satu perhatian. Keberpihakan pemerintah disini sangat perlu untuk memperhatikan terutama pengusaha dalam negeri.

Dalam hal ini pengusaha meminta khusus untuk daerah-daerah diluar Jawa, terutama Indonesia bagian Timur, pemerintah bisa memberikan insentif lebih banyak.
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar