6 Des 2011

Jalur Lingkar KRL Diharapkan Tingkatkan Jumlah Penumpang

Jakarta – Kepala Humas Kereta Api Indonesia Sugeng Priyono mengatakan, diberlakukannya single operation diharapkan meningkatkan jumlah penumpang sebesar 10%. Dijelaskannya, jalur melingkar KRL atau loop line akan diuji coba pada 1-4 Desember 2011 dan akan ditetapkan sepenuhnya pada Senin (5/12).


Keterangan tersebut disampaikannya saat jumpa pers di kantor Jakarta Railway Center (JRC), Jakarta, Selasa (22/11/2011). "Sejak diberlakukan single operation, kenaikan penumpang menjadi 4%. Sedangkan dengan perubahan rute ini kami berharap ada peningkatan jumlah penumpang sebesar 10%," ungkapnya.
Adanya rute baru ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah penumpang yang diangkut kereta api.

Menurutnya, KRL dari Bogor yang akan menuju Kota akan disediakan dua rute. Rute pertama akan melintasi stasiun Bogor-Manggarai-Kota. Sedangkan rute kedua melintasi Bogor-tanahabang-Senen-Jatinegara.

Rute tiga melintasi stasiun Parungpanjang-Serpong-Tanahabang, rute empat melewati Tangerang-Duri, rute lima melintasi Bekasi-Jatinegara-Manggarai-Kota. Sedangkan rute enam melintasi Tanjungpriok-Jakarta Kota.

"Dengan sistem loop line ini jumlah perjalanan KRL akan bertambah dari 467 menjadi 531," jelasnya.

Sedangkan untuk menujang sistem loop line diperlukan penambahan kapasitas listrik. Untuk mengatasinya, PT KAI akan membangun dua gardu induk listrik baru di Manggarai dan Sudirman pada 2012. Sedangkan pada tahun 2013, gardu listrik akan dibangun di Rajawali dan Kramat. [IS]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar