10 Jan 2011

Tangerang Selatan Bangun Monorel Serpong-Bandara

 
TEMPO Interaktif, Jakarta -Pemerintah Kota Tangerang Selatan dan Provinsi Banten sedang mengkaji rencana pembangunan monorel jalur Serpong - Bandara Soekarno Hatta, sebagai program peningkatan sarana perhubungan kota.
Penjabat Walikota Tangerang Selatan Eutik Suarta menyatakan pra rencana pembangunan monorel menuju Bandara Seokarno Hatta-Tangerang, telah mendapatkan sinyal positif dari pemerintah pusat. "Jalur monorel Rawabuntu-Bandara merupakan pembangunan skala nasional di bawah kewenangan pemerintah pusat. Wapres Budiono telah membicarakan transportasi massal (monorel) Tangerang Selatan-Depok-Bandara,"kata Eutik.

Eutik mengatakan, dari pembicaraan pemerintah pusat, maka pemerintah kota Tangerang Selatan dan Pemerintah Kota Depok telah diajak serta oleh Kementerian Perhubungan untuk membicarakan tindak lanjut pra rencana pembangunan monorel. “
Pemerintah pusat meminta pemikiran konkrit dari pemerintah daerah untuk menindak lanjuti rencana studi kelayakan, penyusunan dan mengefektifkan pembangunan monorel,”katanya. Khusus untuk wacana pembangunan monorel tersebut, kata Eutik, wali kota Tangerang Selatan maupun wali kota Depok setiap bulan rapat dan melaporkan kepada Menteri Perhubungan.

Pembangunan jalur monorel ditegaskan Eutik, merupakan bagian dari rencana pembangunan moda transportasi makro dibawah koordinasi Kementerian Perhubungan dengan membentuk tim pembangunan jalur trasportasi Tangerang-Depok-Jakarta. Jalur monorel sendiri adalah lintas kota-kabupaten dan lintas Provinsi Banten-Jawa Barat-DKI Jakarta.

Sesuai pra perencana, Monorel akan melalui 15 shelter kereta api dan telah diusulkan kepada Kementerian Perhubungan. Kepala Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi Tangerang Selatan Agus Mulyadi mengungkapkan siang ini Dinas Perhubungan Provinsi Banten akan melakukan ekspose di Hotel Santika Bumi Serpong Damai. Pemprov Banten juga telah memberikan peta pra rencana itu kepada Dinas Perhubungan Tangerang Selatan.
Pembangunan monorel ini diharapkan akan mengatasi kemacetan di Tangerang Selatan dan Kota Tangerang. Termasuk mengantantisipasi kiriman kemacetan lalu lintas dari DKI Jakarta, karena dua daerah tersebut menjadi penyangga DKI Jakarta yang ingin ke Bandara Soekarno Hatta, akan diarahkan dari stasiun di Jakarta menuju Stasiun Rawabuntu lalu diantar ke Bandara Seokarno Hatta.
sumber: TEMPO Interaktif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar