13 Feb 2011

Pembangunan Jembatan Selat Sunda Dipercepat




TEMPO Interaktif, Jakarta -Kementerian Pekerjaan Umum akan mempercepat pembangunan Jembatan Selat Sunda. Menurut Menteri PU Djoko Kirmanto, pihaknya akan terus mengupayakan agar tahap peletakan batu pertama jembatan tersebut bisa dimajukan menjadi pada akhir tahun 2013, meskipun program pemerintah menetapkan tahap itu tetap dilakukan pada awal 2014.

"Upaya percepatan itu dilakukan dalam rangka mewujudkan penetapan pembangunan jembatan penghubung antara pulau Sumatera dan Jawa itu sebagai proyek prioritas nasional," ujar Djoko saat ditemui di kantornya, Selasa (28/12).

Pemerintah Indonesia sepakat tetap mengutamakan pembangunan jembatan Selat Sunda dibandingkan pembangunan Jembatan Selat Malaka. Meskipun belum lama ini pihak Malaysia telah menyatakan kesiapannya untuk membangun jembatan yang menghubungkan Sumatera dengan Malaka.
Malaysia menyiapkan dana pinjaman dari Bank Exim Tiongkok sebesar US$ 12,75 miliar untuk pembangunan jembatan yang menghubungkan dua negara itu. "Kami tetap prioritaskan pembangunan internal. Jadi konektivitas di dalam dulu, baru ke luar," katanya.
Pembangunan jembatan Selat Sunda telah ditetapkan sebagai salah satu keputusan politik melalui terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) tentang pembentukan Dewan Pengarah pembangunan. Dia juga menegaskan, pembangunan jembatan ini sudah memiliki tim kerja khusus.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak menyatakan, Perpres terkait penyelenggaraan pembangunan JSS ditargetkan terbit awal tahun depan. "Dengan demikian, setiap persiapan teknis terkait penyelenggaraan pembangunan jembatan, seperti feasibility study dan pembuatan grand design dapat segera dituntaskan," katanya dalam kesempatan yang sama.
saumber: tempo interaktif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar